Pandangan Hidup Tokoh Inspiratif, Steve Jobs

wefw

 

Setiap umat manusia pasti punya pandangan hidup. dari kecil diajarkan apa yang terbaik buat masa depan kita sehingga bisa menjadi orang sukses  dimasa dewasa nanti. Setiap manusia memang mempunyai pandangan hidup masing-masing. Apa yang ia mau itu adalah ciri sebagai pandangan hidupd ia yang dilakukan. Jika seseorang tidak mempunyai pandangan hidup. Ia akan terjerumus dalam kemalasan dan tidak akan pernah maju dalam melakukan apapun.

Pandangan hidup sering  disebut filsafat hidup. Hal inilah yang mengakibatkan pandangan hidup itu perlu dimiliki oleh semua orang dan semua golongan. Setiap orang, baik dari tingkatan yang paling rendah sampai dengan tingkatan yang paling tinggi, mempunyai cita-cita hidup. Hanya kadar cita-citanya sajalah yang berbeda. Bagi orang yang kurang kuat imannya ataupun kurang luas wawasannya, apabila gagal mencapai cita-cita, tindakannya biasanya mengarah pada hal-hal yang bersifat negative. Disinilah peranan pandangan hidup seseorang. Pandangan hidup yang teguh merupakan pelindung seseorang.

Seperti halnya seseorang yang bernama Steve Jobs. Dia pasti memiliki cita-cita dan tujuan dalam hidupnya. Sejak muda dia memiliki gairah untuk bisa sukses. Hal itu bisa terbukti dari artikel diatas bahwa pada umur 21 tahun, Steve Jobs dan rekannya sudah memulai terjun dalam dunia bisnis. Gairah tersebut timbul mungkin karena Steve Jobs memiliki kenginan yang kuat untuk bisa membuktikan bahwa  dirinya bisa sukses. Dengan tekad dan semangat yang kuat, dia berjuang untuk melakukan apa yang ingin dia lakukan.

Namun dalam mencapai tujuan dan cita-cita dalam hidupnya untuk menjadi orang yang sukses, Steve Jobs juga mendapatkan suatu tantangan, rintangan dan halangan yang menghambatnya. Halangan tersebut pasti sangat tidak bisa diterima oleh hati kita karena banyak juga orang yang menyerah setelah terkena sesuatu yang namanya halangan atau cobaan. Sebagai makhluk hidup yang diberikan akal dan pikiran, kita pantang untuk menyerah. Steve Jobs mampu membuktikan bahwa perjuangan dia tidak sia-sia dan bisa dibilang Steve Jobs merupakan salah satu tokoh yang sukses di di dunia. Lewat perjuangannya, dia mampu menciptakan sesuatu yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut bagaimana pandangan hidup dan prinsip Steve Jobs dalam mejalani kehidupannya hingga menjadi orang yang sangat berpengaruh,

  1. BUATLAH APA YANG ANDA SUKA. Seseorang tidak dapat menghasilkan sesuatu melainkan orang itu menginspirasikan dirinya sendiri, Katanya, “People with passion can change the world for the better”. Bahkan katanya, “Kehidupan ini terlalu pendek untuk hidup dibawah impian seseorang”. Justru jika anda masih belum menemui apa yang anda suka, teruskan mencari dan jangan berdiam diri”.
  2. BERIKAN IMPAK KEPADA DUNIA. Ini berhubungan dengan seseorang yang mempunyai visi yang besar. Maknanya kita boleh melihat apa yang hendak dicapai dalam puluhan tahun akan datang. Dalam hal ini kita harus mengemukakan cabaran-cabaran yang positif supaya kita bersemangat melakukan inovasi. Inilah yang menghasilkan Macintosh, Apple dan akhirnya iPad.
  3. HUBUNGKAN  BENDA-BENDA (PERKARA-PERKARA) YANG MENCETUSKAN KREATIVITI. Katanya, “Kreativiti hanyalah menghubungkan benda-benda itu”. Maksudnya orang yang mempunyai pengalaman yang luas kerap kali dapat melihat perkara-perkara yang orang lain lupa atau tertinggal. Inilah yang berlaku kepada Steve yang pada mulanya meminati kaligrafi, tetapi akhirnya membawa kepada penghasilan komputer pertama, Macintosh.
  4. BERSEDIA MENGATAKAN “TIDAK” TERHADAP SERIBU PERKARA. Kata Steve, “Inovasi terhasil daripada mengatakan TIDAK kepada seribu perkara.
  5. HASILKAN PELBAGAI PENGALAMAN BARU DENGAN GILA-GILA. Syarikat Apple sendiri pada hakikatnya tidak menumpukan kepada penghasilan satu produk sahaja. Hasilkan apa saja yang bermakna kepada kehidupan. Contohnya ialah sebuah store Apple yang diinspirasikan oleh Steve Job telah menarik 17,000 pelanggan sehari dan menyumbangkan pendapatan terbesar bagi setiap inci luasnya. Stor itu dikatakan membantu memperkayakan (pengalaman) kehidupan semua yang melawatnya.
  6. KUASAI PESANAN. Anda mempunyai seribu idea, dan meskipun anda tidak dapat menyampaikan idea-idea itu dengan berkesan, jangan kisahkan  sangat. Teruskan sampaikan informasi, beri didikan, ilhamkan dan hiburkan sebagaimana yang dibuat oleh Steve di dalam satu sesi penerangan.
  7. AKHIR SEKALI, JUAL IMPIAN, BUKAN PRODUK. Ramai pengguna tidak kisah sangat mengenai produk kamu, tetapi mereka sangat kisahkan diri mereka, harapan, dan cita-cita mereka. Steve mengajar kita bahawa jika kita membantu pengguna mencapai impian mereka, maka kita akan berjaya memenangi hati mereka.

Itulah mengapa Steve Jobs merupakan salah satu contoh tokoh dunia yang pantas ditiru dan diacungi jempol karena usaha dan perjuangannya hidupnya yang gigih. Kesimpulan yang dapat diambil ialah, perjuangan atau usaha sendiri memiliki arti upaya sunguh-sungguh yang dilakukan untuk mencapai suatu cita-cita atau tujuan hidup. Dalam hidup ini, kita pasti memiliki  suatu tujuan yang harus untuk diperjuangakan. Tujuan hidup itu pastinya sangatlah  ingin untuk kita capai. Dalam mencapainya banyak rintangan dan tantangan yang sebenarnya tidak mudah untuk ditaklukan. Akan tetapi jika kita ingin bisa mencapai cita-cita dan tujuan hidup, kita harus bisa berjuang dengan sekuat tenaga dan segenap kesungguhan jiwa dan raga.

 

Sumber:

https://gugunlala.wordpress.com/2012/04/27/manusia-dan-pandangan-hidup/

http://alkindi10autisme.blogspot.com/2013/03/prinsip-hidup-steve-jobs.html

http://thedreambagas.blog.com/2014/12/13/artikel-manusia-dan-pandangan-hidup/

 

 

 

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

Leave a comment