JURNAL PERANAN TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) TERHADAP WEBSITE PEMERINTAHAN DI BIDANG PENDIDIKAN

Nabila Chinintya W

Sistem Informasi/ Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Universitas Gunadarma

NPM: 14115879

Alamat Web Blog: Nabilachw.wordpress.com

Email: ncw997@gmail.com

Abstract

Penulisan ini memiliki tujuan selain memenuhi tugas softskill mata kuliah manajemen layanan system informasi juga untuk mengetahui analisis website dengan SimilarWeb dan desain interfacenya pada halaman website intansi pemerintahan di bidang pendidikan yakni http://dikti.go.id/, http://disdik.jakarta.go.id, dan http://kemdikbud.go.id/. Serta mengetahui pengertian dan penjelasan tentang Total Quality Management serta model-modelnya. Dan mengetahui peran TQM terhadap website instansi pemerintahan dibidang pendidikan, dan model TQM yang digunakan terhadap tiga website tersebut. Tulisan ini bersumber pada 2 tugas makalah sebelumnya yang juga bersumber dari internet. Dari hasil tulisan ini didapati kesimpulan yakni adanya peran yang sangat penting dari TQM untuk membuat produk karena secara singkat TQM berarti perbaikan proses secara terus-menerus. Artinya kualitas selalu diperbaiki dan disesuaikan dengan perubahan yang menyangkut kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Serta prinsipnya ialah difokuskan pada pelanggan, perbaikan proses dan keterlibatan total. Hal ini sangat di perlukan dalam suatu organisasi. Diharapkan penerapan TQM dalam IT ini dapat meningkatkan jumlah customer dengan memperbesar pasar melalui internet. Cara yang termudah adalah dengan membuat website, karena sudah banyak tersedia program-program komputer untuk memudahkan dalam membuat website. Dengan menggunakan IT perusahaan dapat lebih mudah dalam mencari informasi yang dapat membantu meningkatkan produknya. Misalnya bertukar informasi dengan pakar yang secara fisik berlokasi jauh dengan menggunakan email.

 Keywords: Website, Pemerintahan, Pendidikan, TQM, Analisis

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Arus globalisasi yang terus maju dan berkembang, menjadikan teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat pula. Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi yakni internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi besar-besaran dalam interaksi sesama manusia. Media komunikasi dan peralatan elektronik terus berkembang untuk memenuhi tuntutan lingkungan yang terus mengacu pada pertumbuhan teknologi.

Website merupakan salah satu fasilitas komunikasi  dan alat informasi yang telah begitu populer diberbagai kalangan di masyarakat, karena mereka menggunakan web sebagai media untuk mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari. Website dibangun dengan berbagai fungsi dan berbagai kebutuhan sesuai dengan kepentingan atau keinginan yang membuatnya. Hal ini lah yang membuat seluruh banyak instansi-intansi serta lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia memanfaatkan website karena website memiliki peranan yang sangat penting, yaitu tujuan utama dalam pembuatan website adalah menyebarkan informasi, oleh karena itu sebuah website harus dapat diakses oleh pengguna.

Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungan. Penekanan utamanya ialah pada mutu yang didefinisikan dengan mengerjakan segala sesuatu dengan baik sejak dari awalnya dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Perusahaan harus membayar mahal bila produk atau jasanya tidak laku karena tidak dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan atau tidak berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Tujuan

  1. Untuk memenuhi tugas softskill mata kuliah manajemen layanan system informasi.
  2. Analisis website berdasarkan SimilarWeb dan desain interfacenya pada halaman website intansi pemerintahan di bidang pendidikan yakni http://dikti.go.id/, http://disdik.jakarta.go.id, dan http://kemdikbud.go.id/.
  3. Untuk mengetahui pengertian Total Quality Management serta model-modelnya.
  4. Serta mengetahui peran TQM terhadap website instansi pemerintahan dibidang pendidikan, dan model TQM yang digunakan terhadap tiga website diatas.

 

METODE

Sumber data dalam penulisan ini, di dapat dari hasil penulisan dua tugas artikel/makalah yang dibuat sebelumnya. Dengan mengambil point-point yang ada serta penambahan kalimat ide dan gagasan. Data-data yang telah masuk dianalisis metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi/ penarikan simpulan. Setelah data dikumpulkan lalu dipilih yang benar-benar memiliki hubungan dengan pokok masalah selanjutnya diambil kesimpulan

PEMBAHASAN / DISKUSI

Analisis Website Berdasarkan Similar Web

Total Visits, Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui website yang paling banyak dikunjungi yaitu kemdikbud.go.id sebanyak 6.70M, selanjutnya dikti.go.id sebanyak 1M dan yang terakhir simdik.info sebanyak 81.80K.

Visit Duration, Untuk rata-rata durasi kunjungan website, disdik.jakarta.go.id dengan durasi 00:02:24, kemudian kemdikbud.go.id dengan durasi 00:06:51, sedangkan dikti.go.id tidak berbeda jauh dengan kemdikbud.go.id yaitu dengan durasi 00:06:25.

Pages per Visit, Rata-rata jumlah halaman yang dilihat per-kunjungan disdik.jakarta.go.id sebesar 2.47, kemudian dikti.go.id sebesar 6.20, dan kemdikbud.go.id sebesar 4.81. Jika semakin besar nilai pages/visit-nya maka informasi yang dimuat oleh website tersebut sangat menarik untuk dibaca oleh pengunjung.

Bounce Rate, Persentase pengunjung yang meninggalkan website yang paling besar yaitu kemendikbud.go.id sebesar 41.11%, selanjutnya disdik.jakarta.go.id sebesar 55,36%, dan dikti.go.id sebesar 34.00%. Dari hasil persentase tersebut dapat diketahui semakin banyak pengunjung yang meninggalkan website dalam waktu singkat maka semakin tinggi pula persentase bounce rate-nya. Jika semakin kecil persentase bounce rate-nya maka semakin bagus website-nya.

Analisis desain interface website

www.dikti.go.id

Halaman utama dari website dikti.go.id kalian akan melihat kolom berita utama yang ada pada gambar diatas yang berada disebelah kiri. Kalian juga dapat melihat beberapa menu seperti Produk Hukum, Informasi Publik, Layanan Publik dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat melihat kotak pencarian yang terletak di pojok kanan atas.

Lalu kita dapat scroll kebawah, disana kita dapat melihat ada galeri, kolom opini, info iptek dikti dan juga RistekDikti TV. Banyak informasi bermanfaat yang dapat kita peroleh tentang pendidikan dari website dikti ini. Ada juga tautan penting yang berisi tentang post-post yang penting.

Pada bagian footer terdapat menu menu yang tidak kalah penting. Contohnya seperti kontak mereka, akun media sosial dikti yang dapat kita follow untuk memperoleh informasi tentang pendidikan tanpa harus membuka website dikti. Ada juga alamat kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi republik Indonesia, serta ada juga call center dan juga kolom aduan untuk melapor kepada kemristekdikti.

www.disdik.jakarta.go.id

Pada saat membuka website disdik ini kalian akan melihat banyak menu-menu, seperti terlihat pada gambar diatas. lalu terdapat layanan informasi dan radio disdik di sebelah kanan halaman.Menu-menu yang di tampilkan ada data pendidikan yang berisi tentang data yang berhubungan tentang sekolah, ada juga prestasi yang pernah diraih pelajar-pelajar Indonesia, lalu ada berita yang memuat berita seputar pendidikan, inovasi yang berisi tentang inovasi yang dikembangkan pelajar Indonesia dan sebagainya seperti yang dapat kalian lihat pada gambar diatas. Selain itu terdapat kotak pencarian yang memudahkan kita dalam mencari informasi. Ada juga menu Lapor yang ditujukan untuk melaporkan hal-hal yang berhubungan tentang pendidikan kepada disdik DKI Jakarta.

Setelah itu pada bagian paling bawah kita dapat melihat ada berapa halaman atau post yang telah di post oleh disdik. Selain itu setiap post yang telah di publikasikan selalu ada tanggal pembuatan dan juga penulis post tersebut, serta view counter atau hits, yaitu untuk menghitung seberapa banyak orang yang telah melihat post tersebut.

Total Quality Management

Total Quality Management (TQM ) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungan. Definisi lainnya menyatakan bahwa Total quality management merupakan sistem manajemen yang menyangkut kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasaan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi (Santosa, 1992, p. 33).

Masyarakat Total Quality Management juga diartikan sebagai suatu pendekatan berorientasi pelanggan yang memperkenalkan perubahan manajemen yang sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses, produk, dan pelayanan suatu organisasi. Proses Total Quality Management memiliki input yang spesifik. Input spesifik itu sendiri adalah keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan, mentransformasi (memproses) input dalam organisasi untuk memproduksi barang atau jasa yang pada gilirannya memberikan kepuasan kepada pelanggan ( output ). Tujuan utama Total Quality Management adalah perbaikan mutu pelayanan secara terus-menerus, sehingga harus dilaksanakan secara terus-menerus.

Dasar pemikiran perlunya TQM sangatlah sederhana, yakni bahwa cara terbaik agar dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global adalah dengan menghasilkan kualitas yang terbaik. Untuk menghasilkan kualitas terbaik diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses, dan lingkungan. Cara terbaik agar dapat memperbaiki kemampuan komponen-komponen tersebut secara berkesinambungan adalah dengan menerapkan TQM.

Model-model Total Quality Management

ISO 9000

Kata ‘ISO’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Isos’ yang berarti ‘sama’ atau equivalent’. ISO merupakan kepanjangan dari International Organization for Standardization. ISO adalah badan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standar internasional.

Hambatan terbesar dalam penerapan standar ISO adalah organisasi gagal mendefinisikan pertanggungjawaban dan wewenang dengan jelas, sedangkan hambatan terbesar setelah penerapan standar ISO adalah organisasi gagal membawa tinjauan manajemen terhadap sistem manajemen kualitas mencapai efektivitas sistem.

MBNQA

Malcolm Baldrige Award (MBNQA) adalah sejenis penghargaan tahunan yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat (melalui Department of Commerce) kepada setiap organisasi di negara USA – baik profit dan non profit – yang dianggap mencapai kinerja yang unggul. Nama Malcolm Baldrige sendiri diambil dari nama mantan Menteri Perdagangan AS yang menginisiasi kegiatan penghargaan ini. Banyak negara di berbagai belahan dunia yang mengadopsi pendekatan dan kriteria yang digunakan oleh Komite Malcolm Baldrige untuk mengukur keunggulan kinerja.

Balanced Scorecard

Balance Score Card adalah Pengukuran kinerja perusahaan yang modern dengan mempertimbangan empat perspektif (yang saling berhubungan) yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang diingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan.

Keunggulan pendekatan BSC dalam sistem perencanaan strategis menurut Mulyadi adalah mampu menghasilkan rencana strategis, yang memiliki karakter yaitu: Komprehensif, Koheren, Seimbang, dan Terukur.

Six Sigma

Six Sigma ialah suatu metodologi yang dipergunakan untuk melakukan upaya perbaikan dan peningkatan proses yang berkesinambungan atau terus menerus (Continuous Improvement). SIX SIGMA berasal dari kata SIX yang berarti enam (6) dan SIGMA yang merupakan satuan dari Standard Deviasi yang juga dilambangkan dengan simbol σ, Six Sigma juga sering di simbolkan menjadi 6σ. Makin tinggi Sigma-nya, semakin baik pula kualitasnya. Dengan kata lain, semakin tinggi Sigma-nya semakin rendah pula tingkat

kecacatan atau kegagalannya. Dalam memecahkan suatu masalah, Six Sigma menyediakan beberapa metode metode yang kita singkat sebagai DMAIC. Diantaranya adalah :

  • Define yaitu memvalidasi masalah
  • Measure yaitu megukur masalah tersebut
  • Analyze yaitu mencari sumber atau akar dari masalah
  • Improve yaitu menentukan, memprioritaskan dan mengimplementasikan solusi dari tiap masalah yang sudah di validasi
  • Control yaitu menjaga agar solusi yang diterapkan berjalan agar masalah tidak muncul kembali

Quality Control Circle

Quality Control Circle adalah seperangkat metode yang digunakan oleh organisasi untuk mencapai mutu parameter yang berkualitas atau mutu sasaran dan terus meningkatkan kemampuan organisasi untuk memastikan bahwa produk software yang dihasilkan akan memenuhi mutu tujuan dari suatu organisasi.

Tiga parameter yang mengkontrol mutu software tersebut yaitu :

  1. Product
  2. Process
  3. Resources

Model TQM yang sesuai dalam Implementasi 3 Website instansi pemerintahan dibidang pendidikan diatas

Produk yang bermutu mempunyai karakteristik :

  1. Fungsional : terkait dengan kegunaan,
  2. Temporal : seperti tepat waktu, ketersediaan, akurat dll,
  3. Phisical : seperti mekanik, elektrik, kimia, fisika dll,
  4. Sensory : berkaitan dengan panca indra,
  5. Bihaviorial : Berkaitan dengan sopansantun, disiplin dll dan
  6. Ergonomic : berkaitan dengan keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan.

Dalam konsep TQM pendidikan menekankan pada hubungan yang sinergis antara supplier dan customer. Penerapan model TQM yang tepat untuk ke tiga webiste pendidikan yang dikelola oleh pemerintah yaitu http://www.dikti.go.id, http://disdik.jakarta.go.id, dan http://www.kemdikbud.go.id menurut kelompok kami termasuk kedalam implementasi ISO 9000 : 2000 karena menerapkan prinsip manajemen, yaitu :

  1. Customer Focus (perhatian pada pelanggan)

Organisasi / sekolah bergantung pada pelanggan, oleh karena itu hendaknya memahami betul kebutuhan ( bukan keinginan ) saat ini dan waktu akan datang dari pelanggannya dan sedapat mungkin dapat menyajikan melampaui dari kebutuhan pelanggan.

  1. Leadership (kepemimpinan)

Pemimpin menetapkan kesatuan komitmen, tujuandan arah organisasi. Hendaknya pemimpin menciptakan dan memelihara lingkungan internaltempat orang dapat melibatkan dirinya secara penuh dalam mencapai tujuan organisasi/sekolah. Pemimpin harus dapat mengelola sumberdaya, yang ditunjukkan dalam 9 komponen pendidikan. : organisasi, kurikulum/KBM, Tenaga pendidik dan kependidikan, Peserta didik, sarana/prasarana, lingkungan kerja, pembiayaan/ sumber dana, teaching factory dan peran serta masyarakat. Pemimpin melaksanakan PDCA.

  1. Involevment of people (pelibatan banyak orang)

Orang pada setiap tingkatan adalah inti sari organisasi, pelibatan penuh mereka memungkinkan kemampuanya dipakai untuk kemanfaatan organisasi.

  1. Process approach to management (pendekatan manajemen proses)

Hasil yang dikehendaki tercapai lebih effisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai suatu proses. Organisasi harus menerapkan management process.

  1. System approach to management ( pendekatan system ada manajemen)

Mengetahui, memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai system memberi sumbangan pada keefektifan dan effisiensi organisasi dalam mencapai tujuan.

  1. Continual improvement (perbaikan yang berkelanjutan)

Perbaikan yang berkelanjutan organisasi secara menyelurh hendaknya dijadikan tujuan tetap organisasi.

  1. Factual approach to dicision making (pengambilan keputusan berdasarkan fakta)

Keputusan yang efektif didasarkan pada analisis data dan informasi.

  1. Mutually beneficial supplier relationship (hubungan pemasok yang saling menguntungkan)

Sebuah organsasi/sekolah dan pemasoknya ( orang tua – suplaier) saling bergantung dan suatu hubungan yang saling mengutungkan untuk meningkatkan kemampuan keduanya dalam menciptakan nilai.( Ir. Agung Budi S, MM , 2003 : 5 ).

Karena Website dikti ( http://www.dikti.go.id ) itu sendiri dibentuk untuk membahas banyak informasi terkait kelembagaan, mahasiswa, dosen, peneliatian, inovasi dan PPID. Dalam layanan utama terkait kelembagaan ada beberapa layanan yaitu tentang perijinan perguruan tinggi dan program studi, pembinaan perguruan tinggi, perijinan mahasiswa asing, dll. Dalam layanan terkait mahasiswa ada beberapa sub di dalamnya yang memuat direktorat pembelajaran yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan standar kualitas system pembelajaran, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pembelajaran. Jika di dalam direktoran Kemahasiswaan mempunyai tugas tersendiri tentang melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan fasilitasi pengawasan dan pengendalian serta pemantauan evaluasi dan pelaporan di bidang kemahasiswaan contohnya adalah beasiswa PPA dan bidiskmisi. Lalu, ada direktorat penjaminan mutu. Layanan utama yang terkait sumber daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi adalah sertifikasi dosen, rekrut dosen, beasiswa riset pro, dll. Layanan utama yang terkait penelitian adalah Perizinan peneliti asing, Penghargaan publikasi Ilmiah Internasional, dll. Jadi dengan adanya dikti untuk menaungi semua pendidikan tinggi di seluruh Indonesia selain itu dikti juga memberikan informasi terkait dengan beasiswa serta membuka layanan pendidikan untuk semua tingkat pendidikan yang ada di Indonesia, di website ini juga tersedia informasi mengenai anggaran pendidikan serta laporan kinerja dan laporan tahunan pemerintah pendidikan sehingga tidak adanya kesinggungan social yang terjadi di masyarakat karena semua bersifat terbuka mengenai laporan dan pelayanannya.

Dan Website http://disdik.jakarta.go.id Disdik (dinas pendidikan), mempunyai tugas yaitu melaksanakan urusan pemerintahan bidang pendidikan berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan. Website ini menyediakan banyak informasi diantaranya ada berita tentang pendidikan, prestasi yang telah diraih oleh siswa siswi indonesia, dan juga ada data pendidikan serta regulasi. Selain itu di web ini juga terdapat inovasi yang telah dikembangkan oleh siswa siswi indonesia. Website ini juga menyediakan menu lapor yang berfungsi untuk melaporkan sekolah yang banjir, putus sekolah, dan juga pengaduan. Disini kami hanya akan menganalisa website disdik milik DKI Jakarta. Jadi, peran disdik adalah sebagai sebuah platform yang menampung keluhan masyarakat mengenai putus sekolah ataupun pengaduan yang terjadi dalam sekolah seperti bullying, pungli, asusila serta perbuatan merugikan yang berhubungan dengan pendidikan setelah website itu menerima keluhan, maka akan langsung di proses dan tindakannya akan secara langsung diberikan oleh pemerintah untuk menangani masalah tersebut.

Sedangkan Kemdikbud ( http://www.kemdikbud.go.id ) mengelola semua pendidikan yang ada di Indonesia. Banyak informasi pendidikan megenai siswa, guru, orang tua, sekolah, budaya dan bahasa, pemerintahan daerah, masyarakat dan mitra. Layanan yang terkait pada siswa contohnya beasiswa unggulan, rumah belajar, ujian nasional dan televisi edukasi. Layanan yang terkait pada guru contohnya data pokok pendidikan dasar. Layanan yang terkait pada sekolah contohnya tentang bantuan operasional sekolah, bursa kerja khusus dan hasil UN. Layanan yang terkait untuk orang tua yaitu tentang akreditas sekolah dan standar nasional pendidikan. Layanan yang ada dalam budaya dan bahasa mengenai data pokok kebudayaan serta bantuan teknis bahasa. Layanan pada pemerintah daerah contohnya hasil un yang ada pada tiap daerah serta jurnal dikbud. Layanan untuk masyarakat dan Mitra salah satunya adalah beasiswa unggulan. Jadi, kemdikbud merupakan website untuk menaungin semua pendidikan yang ada di seluruh Indonesia, tidak hanya sebagai pemberi informasi website kemdikbud juga bisa digunakan  sebagai sarana masyarakat untuk pengaduan dalam masalah pendidikan pada siswa, guru, layanan sekolah serta orang tua, semua akan ditanggapi dan di proses sedangkan tindakannya akan langsung di lakukan oleh lembaga dengan tindakan nyata yang dilakukan oleh pemerintah.

HASIL

Kesimpulan

Dari tulisan datas dapat diambil kesimpulan bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia dalam menjalanin kehidupan sehari-hari. Manfaat teknologi komunikasi dan informasi (TIK), terutama internet dan media social telah merambah kegiatan di berbagai bidang terutama di instansi pemerintahan dibidang pendidikan dalam hal website.

Lalu berdasarkan analisis website diatas, dapat disimpulkan bahwa website Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menjadi website pendidikan resmi yang paling banyak dicari dalam diantara 3 website yang penulis analisa. Dan website Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi website pendidikan resmi Indonesia yang paling banyak dikunjungin diantara 3 sampel website yang penulis analisa.

Untuk itu diperlukan penerapan TQM. Dimana proses TQM bermula dari pelanggan dan berakhir pada pelanggan pula. Proses TQM memiliki input yang spesifik (keinginan, kebutuhan dan harapan pelanggan), mentransformasi (memproses) input dalam organisasi untuk memproduksi barang atau jasa yang, pada gilirannya, memberikan kepuasan kepada pelanggan (output).

Untuk menerapkan TQM itu sendiri kita perlu memahami tujuan, sejarah, prinsip dasar serta model-model TQM yang sudah dijabarkan pada sub bab diatas. Yakni secara singkat tujuan TQM ialah perbaikan proses secara terus-menerus. Artinya kualitas selalu diperbaiki dan disesuaikan dengan perubahan yang menyangkut kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Serta prinsipnya ialah difokuskan pada pelanggan, perbaikan proses dan keterlibatan total. Dan model-model TQM yang dapat di terapkan oleh perusahaan ataupun organisasi yaitu ISO 9000, MBNQA, Balanced Scorecard, Six Sigma ataupun Qualitiy Control Circle.

Saran

Untuk kemajuan teknologi informasi teknologi komputer maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

Penggunaan teknologi informasi bagi perusahaan harus disesuaikan dengan kondisi, beberapa penggunaan teknologi informasi yang dapat diterapkan bagi perusahaan. Menggunakan IT untuk meningkatkan jumlah customer dengan memperbesar pasarmelalui internet. Cara yang termudah adalah dengan membuat website, karena sudah banyak tersedia program-program komputer untuk memudahkan dalam membuat website.

Menggunakan IT untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Dengan menggunakan IT perusahaan dapat lebih mudah dalam mencari informasi yang dapat membantu meningkatkan produknya. Misalnya bertukar informasi dengan pakar yang secara fisik berlokasi jauh dengan menggunakan email.

Menggunakan IT untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi. Sebagai contoh LAN intranet dapat dipasang di perusahaan/organisasi untuk mempercepat proses pertukaran informasi dalam bentuk email dan file sharring.

DAFTAR PUSTAKA

[1] Tugas 1, Kelompok 4. 2ka01. MAKALAH ANALISIS WEBSITE INSTANSI PEMERINTAHAN DI BIDAN PENDIDIKAN Manajemen Layanan Sistem Informasi #.

[2]  Tugas 2, kelompok 4. 2ka01. MAKALAH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) Manajemen Layanan Sistem Informasi #.

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

Leave a comment