Tips Mengahadapi Kegelisahan

Tips Langsing dengan cara seringlah tertawa

Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari keemasan karena itu dalam kehidupan sehari hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan kekhawatiran ataupun ketakutan definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena hal yang didingainkannya tidak tercapai.

Kegelisahan itu sendiri berasal dari kata “gelisah”. Gelisah artinya rasa yang tidak tentram di hati atau merasa selalu khawatir, tidak dapat tenang (tidurnya), tidak sabar lagi (menanti), cemas dan sebagainya. Kegelisahan menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, artinya merasa gelisah, khawatir, cemas atau takut dan jijik. Rasa gelisah ini sesuai dengan suatu pendapat yang menyatakan bahwa manusia yang gelisah itu dihantui rasa khawatir atau takut. Manusia suatu saat dalam hidupnya akan mengalami kegelisahan. Kegelisahan yang cukup lama akan menghilangkan kemampuan untuk merasa bahagia.

Nah sebelum lebih jauh, ada baiknya kita tanyakan dahulu. Pernahkah Anda merasa ketakutan atau gelisah secara tiba-tiba atau justru tenggelam dalam ketakutan? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah Anda berusaha menerimanya atau mengatasinya atau bergulat dengan perasaan tersebut? Pernahkah Anda bertanya pada diri Anda sendiri mengapa perasaan tersebut terjadi dan apa yang telah membuat Anda mengalami perasaan tersebut? Jika saya berpendapat bahwa di dunia ini tidak ada yang perlu kita takutkan, melainkan cukup dimengerti, setujukah Anda? Nah untuk menjawab pertanyaan saya tersebut, kita diskusikan saja yuk.

Ada suatu cara paling ampuh dalam menghadapi segala situasi dan kondisi yang bagaimanapun termasuk kecemasan ini yaitu kita berdoa kepada tuhan dengan sungguh-sungguh sabar,tabah,senang dan ikhlas,sehingga ia mau mengabulkan permhonan kita dari perasaan kecemasan ini,sebab tuhan adalah yang paling Maha Pemurah,Maha Pengampun,Maha Pengasih dan Maha Penyayang bagi umatnya yang mau berdoa dan memohon kepadanya.

Selain itu ada tips menurut wikihow yang sependapat dengan saya. Yaitu, mengambil langkah-langkah untuk membentuk kebiasaan mental dan fisik baru adalah langkah pertama menuju penyelesaian masalah. Berikut Tipsnya:

Membentuk Kebiasaan Mental yang Baru
Yaitu dengan,

  1. Mengatasi sumber kecemasan yang mampu diubah. Jika dilihat satu persatu, setiap hal di dalam daftar panjang yang wajib diselesaikan tidak cukup untuk menjadi sumber stres, tetapi gabungan dari tumpukan tugas-tugas kecil akan berujung dengan beban yang memicu kegelisahan.
  2. Mengubah cara berpikir mengenai sumber-sumber kecemasan yang tidak mampu dikontrol. Sejumlah sumber kecemasan tidak bisa hilang dalam waktu dekat.Mengambil tindakan semampu Anda untuk memperbaiki situasi. Meminimalkan waktu yang banyak dihabiskan untuk memikirkan sumber utama stres yang Anda rasakan.
  3. Melatih pikiran untuk tidak gelisah. Apakah Anda pernah mencoba meditasi? Ini adalah metode yang bermanfaat untuk menghilangan kegelisahan dengan serta-merta.
  4. Mencurahkan perasaan Anda.Membiarkan perasaan cemas terpendam di dalam diri adalah resep untuk serangan kecemasan. Mendiskusikan perasaan Anda dengan orang lain adalah langkah yang sangat penting. Anda bisa mendapatkan perspektif dari orang lain, dan bahkan mungkin mendapatkan sejumlah ide yang baik untuk memecahkan sebagian masalah yang Anda hadapi.

Melakukan Perubahan Gaya Hidup
Yaitu dengan,

  1. Menghentikan konsumsi makanan dan minuman yang memicu kegelisahan. Membatasi asupan makanan dan minuman yang berbahaya akan sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan senantiasa menstabilkan detak jantung Anda.
  2. Menggabungkan makanan penyeimbang suasana hati ke dalam diet Anda. Seperti buah-buahn manis. Dan coklat. Namun tetaap tidak berlebihan.
  3. Berolahraga secara teratur. Studi menunjukkan bahwa individu yang rajin berolahraga memiliki tingkat kecemasan yang rendah.[3] Menjalani latihan fisik akan meningkatkan sirkulasi serta memompa endorphin yang dapat meningkatkan suasana hati.
  4. Mengubah ruang fisik Anda. Adakalanya kegelisahan bertambah parah karena dipicu oleh tinggal atau bekerja di ruangan yang tidak nyaman. Ruangan tempat menghabiskan sebagian besar waktu Anda dapat memberikan dampak yang besar pada suasana hati

Itulah tips dalam menghadapi dan mnegurangi rasa kecemasan. Kesimpulannya adalah rasa cemas, khawatir dan gelisah adalah hal yang lumrah dimiliki oleh setiap manusia. Dan kita dapat mengurangi rasa gelisah terebut dengan menjalankan tips-tips yang dituliskan diatas. Yang intinya adalah, merubah kebiasaan dan gaya hidup ke arah yang lebih baik adalah hal yanng dapat mengurangi rasa gelisah dalam menghadapinya.

Sumber:
http://id.wikihow.com/Menghilangkan-Kegelisahan
http://www.untukku.com/artikel-untukku/tips-mengatasi-ketakutan-dan-kegelisahan-di-dalam-hati-untukku.html
https://aguspranata.wordpress.com/2011/11/27/cara-mengatasi-kegelisahan-atau-kecemasan/

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

Leave a comment