Inovasi di Masa Depan?

Bahasan kali ini sebenernya tidak jauh beda dengan bahasan sebelumnya tentang Teknologi Kekinian yang Berawal dari Film Jadul. Kalo berbicara masalah inovasi masa depan sebenernya semua berawal dari ide yang tentunya untuk memudahkan kita dalam menjalankan keseharian kita. Sebagai contoh dulu manusia untuk menempuh perjalanan dari satu wilayah ke wilayah lain dengan cara berjalan, lalu disaat kecerdasan mulai berkembang dipergunakanlah hewan yang kuat seperti unta atau kuda untuk memudahkan perjalanan mereka, terus seiring perkembangan zaman yang menuntut kita untuk bergerak lebih dinamis para manusia menciptakan benda mulai dari sepeda, motor, mobil dan banyak lainya.

maxresdefault

Dan hingga saat ini pun manusia masih terus berusaha untuk mencipatkan sebuah mahakaraya guna mempermudah pekerjaan mereka entah dalam urusan akomodasi, komunikasi atau hal-hal lainya.

Karena menyangkut masalah inovasi mungkin saya akan membahas sedikit tentang AR dan VR yang dimana kemungkinannya masih ada perkembangan dari VR.

Augmented Reality atau yang biasa kita sebut AR sebenarnya penggabungan dari benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata 3 dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Sebagai contoh kita pada pemeriksaan sebelum operasi seperti CT Scan atau MRI yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar-gambar tersebut, kemudian pembedahan direncanakan. AR dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung.

Yang kedua Virtual Reality atau VR. VR adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Untuk contohnya mungkin kalian semua sudah banyak tau, seperti console game yang dibuat agar pemainya merasakan permainan seperti kenyataan yang sedang dihadapi.

Dan kemungkinan yang ketiga adalah kembangan dari VR sendiri yang mungkin akan membuat orang seakan-akan merasakan semua hal yang ada didunia maya seperti didunia nyata, baik dalam hal pengalaman maupun rasa sakit apabila terjadi sesuatu kepada kita di dunia maya.

Mungkin itu sebagian kecil yang dapat saya sampaikan tentang inovasi dimasa depan dan kedepanya dengan semakin berkembanganya teknologi serta ide-ide kreatifitas dari manusia sendiri bisa saja timbul inovasi-inovasi menarik yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita sekarang.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah

https://anakgaulbinus.wordpress.com/2012/11/09/perbedaan-virtual-reality-augmented-reality/

https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

 

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

11 thoughts on “Inovasi di Masa Depan?

Leave a comment