Sistem Informasi VS Teknik Informatika

Diantara kamu pasti masih ada yang bingung. Apalagi kamu-kamu yang baru akan menyandang status Mahasiswa. Yap, artikel ini memang dikhususkan untuk kalian yang sedang bingung memilih jurusan, terutama kamu yang ingin memilih jurusan di bidang “Komputer”.

Well, di Indonesia sendiri hanya ada tiga jurusan saja yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :

  1. Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
  2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer
  3. Information System untuk Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika

Dari 3 point diatas, pasti mulai kebayang dong apa, bagaimana, dimana nantinya. Tapi pembahasan kali ini penulis hanya akan membahas Sistem Informasi dan Teknik Informatika.


Teknik Informatika (Computer Science)

Inilah yang disebut Ilmu Komputer, jurusan ini mempelajari tentang penguasaan konsep, robotik, pengembagan software, computer vision, kepintaran komputer dan hal hal lain yang terkait dengan pengembangan Komputer di masa yang akan datang. Variasi lain nama Jurusan/Prodi ini adalah Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

Manusiapun bergantung pada penerapan yang dihasilkan dari lulusan ini. Misalnya dalam bidang Pendidikan dalam pembelajaran sehari-hari dengan fasilitas E-book, E-Learning, Video online dalam pembelajaran, dsb. Lalu pada bidang Kesehatan seperti alat-alat medis atau robot yang membantu dalam operasi sulit pada pasien. Pada bidang Perbankan pada mesin ATM, Internet banking atau M-banking, dsb. dan masih banyak lagi.

Jurusan ini harus mempelajari  Algoritma, pemrograman, logika matematika dll. Bagi kamu yang lemah di matematika dan hitung-hitungan, biasanya ini menjadi salah satu “momok menakutkan” untuk ambil jurusan ini. Tetapi  menjadi programmer tidak harus kuat matematika. Memang matematika diperlukan, tapi tidak sampai ke tingkat kalkulus, integral, turunan, dll. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

Prospek kerja yang ditawarkan pun sangat luas. Mulai dari…

  • Tingkat Spesialis: Databases Developer, Multimedia Developer, User interface Developer, IT Security Developer, Network Developer, IT Configuration Coordinator, IT Test Coordinator, Network Administrator, Databases Administrator, Web Administrator, IT Trainer, IT Supporter.
  • Tingkat Operational Professionals: IT-Engineer, IT-Consultant.
  • Tingkat Strategic Professionals: IT-System Engineer.

Sistem Informasi (Information System)

Hasil gambarJurusan ini difokuskan pada analisa/ proses/ manajemen sistem informasi itu sendiri. Menggabungkan konsep komputer dengan bisnis dan management. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara kebutuhan bisnis dengan aplikasi yang mesti dirancang. Contohnya seperti  bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Penerapan Sistem Infomasi juga tidak lepas dalam aktivitas manusia sehari-hari. Seperti E-government atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis Internet. Atau Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat di­gunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena di dalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien. Atau juga Sistem layanan akademis berbasis Web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data- data akademis atau bahkan dapat mendaftarkan mata kuliah-mata kuliah yang diambil pada semester baru. Dan masih banyak lagi.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan menganalisa kebutuhan dan proses bisnis serta mendesain sistem berdasarkan dari tujuan organisasi. Ini nanti ketemu sama manajemen, analisi dan implementasi. Jadi singkatnya ya Sistem Informasi ini sebagai penunjang bisnis sih sebenernya. Variasi lain Jurusan/Prodi ini adalah Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja yang ditawarkanpun juga luas, mulai dari…

  • Tingkat Spesialis: IT System Analyst, IT System Developer, Databases Developer, User Interface Developer. E-Marketing Developer, E-Logistic Developer, Business System Developer, K-Management System Developer, IT Project Coordinator, IT Quality Management, IT  System Administrator, Business System Administrator, IT Product Coordinator, IT Key Accounter.
  • Tingkat Operational Professionals: IT-Manager, IT-Consultant, IT-Comercial Manager.
  • Tingkat Strategic Professionals: IT-Business Engineer/Manager.

Nah dapat dilihat kan bagaimana jelas terlihat bedanya gambaran dari 2 jurusan diatas. Untungnya, Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer ini biasanya dapat menerima semua lulusan SMK, STM, SMA IPA maupun IPS bisa masuk kesini.  Sedangkan IT, lebih ke IPA atau SMK yang sudah mendapatkan dasar matematika ipa. Karena nantinya ga akan kaget ketemu itung itungan rumit. Tapi ingat ya… dalam menentukan jurusan jangan asal pilih, atau suruhan orang atau yang lebih parah karena ikut-ikut temen. Karena kamu sendiri lah yang menjalaninya jadi pilih lah dari hati dan passion kamu yaa….

Sumber:

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

23 thoughts on “Sistem Informasi VS Teknik Informatika

Leave a comment