Pentingnya Menumbuhkan Rasa Bertanggungjawab Sejak Dini

aef

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang berani menghadapi masalahnya sendiri.

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.

Tanggung jawab tidak dengan sendirinya ada dalam diri setiap anak atau setiap orang. Anak-anak sebetulnya lahir tanpa mempunyai kesadaran akan tanggung jawabnya, jadi merupakan tugas orang tualah untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab itu. Perlahan-lahan orang tua harus melatih atau menanamkan rasa tanggung jawab pada si anak sehingga pada akhirnya si anak akan melepaskan diri dari si orang tua dan mulai melakukan yang dia harus lakukan dari dirinya sendiri.

Biasanya sebagian orang tua berpikir, soal tanggung jawab itu nanti diajarkan di sekolah. Padahal tidak. Dengan melatih tanggung jawab anak sejak dini, yang akan terjadi adalah Dia akan lebih bisa mempercayai kelebihannya. Sebab akan ada banyak hal yang dia mampu lakukan, hal-hal kecil yang tadinya dia pikir tidak berguna, tapi waktu dia mulai lakukan, sesungguhnya itu akan menumbuhkan rasa keyakinan dirinya.

Kita menyadari bahwa pada akhirnya anak-anak itu harus bekerja, dia tidak akan dianggap sebagai manusia yang berharga kalau dia sama sekali tidak bekerja. Orang tua perlu mengajarkan anak-anak bertanggung jawab agar nanti si anak menjadi seorang pekerja yang baik.

Dua hal yang menjadi bahan yang sangat penting untuk kesuksesan anak dalam pekerjaan di masa mendatang adalah:

  • Kita siapkan anak-anak karena meyadari kegunaannya.
  • Melakukan sesuatu karena memang diwajibkan, nah dua-duanya harus berimbang dan dimiliki oleh si anak.

Ciri orang yang bertanggung jawab adalah:

  • Dia akan lebih realistik. Anak-anak yang dilatih sejak kecil untuk belajar bertanggung jawab akan menjadi anak-anak yang mengerti realitas kehidupan.
  • Mereka berani mengakui perbuatannya, itu salah satu ciri atau tolak ukur yang penting sekali.

Dalam hal ini orang tualah yang sangat perlu mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab. Dan hal ini perlu kita siapkan dari mulanya melakukan sesuatu karena menyadari kegunaannya dan kedua melakukan sesuatu karena memang diwajibkan. Hal ini menjadi bahan yang sangat penting untuk kesuksesan dalam pekerjaannya di masa mendatang.

Maka dari itu, sangat penting menanam rasa bertanggung jawab kepada anak sejak dini. Peran orang tua adalah yang paling berpengaruh. Karena pendidikan awal seorang anak adalah berasal dari orangtua nya. Orang tua yang peduli akan rasa tanggung jawab pasti juga akan melahirkan seoarang anak yang sadar akan tanggung jawab untuk kehidupannya.

Sumber:

http://www.telaga.org/audio/menanamkan_rasa_tanggung_jawab_pada_anak

https://arighudul.wordpress.com/2013/05/14/manusia-dan-tanggung-jawab-serta-pengabdian/

https://giari.wordpress.com/tugas-ilmu-budaya-dasar/7-manusia-dan-tanggung-jawab-sertapengabdian/

 

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

Leave a comment