Teknologi Kekinian yang Berawal dari Film Jadul

Terpikir ga sih, dari mana semua ide sang inovator itu muncul? bagaimana mereka mendapatkan ide yang kini menjadi fenomenal. Mungkinkah salah satunya karena para pencipta teknologi modern ini terispirasi dari sebuah film?

Siapa yang tahu, tapi yang pasti pada era yang modern ini hampir seluruh masyarakat telah mengetahui apa itu teknologi.  Teknologi saat ini sudah banyak yang berkembang. Dan dengan kekuatan pikiran manusia yang diluar batas,  beberapa film yang mencoba menggambarkan kemajuan di masa depan berhasil meramal dengan sempurna. Karena teknologi yang mereka imajinasikan pada masa lampau itu kini benar-benar ada. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Tablet

Ramalan tentang bentuk tablet sudah ada sejak 1968. Pada tahun tersebut, Stanley Kubrick berhasil membuat film mengenai perjalanan luar angkasa berjudul 2001: A Space Odyssey. Dalam salah satu chapter film, seorang astronot, Dave Bowman, sedang menyantap makanan sembari mengoperasikan benda mirip prototipe iPad atau lebih umumnya Tablet. Sekarang ini siapa yang tidak kenal Tablet PC, gadget terbaru ini memang sedang trend di kalangan gadget freak dan bahkan masyarakat umum. Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.

Smart Glass 

Sudah pernah nonton film Back to The Future II? Film yang dirilis tanggal 22 November 1989 ini memang sangat menarik untuk ditonton. Di film Marty McFly memiliki `kacamata` ajaib yang bisa berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi. Nyatanya, kacamata tersebut hadir pada tahun 2014 lalu. Adalah Google yang berhasil menciptakan kacamata pintar Google Glass pada Mei 2014.Google glass ini dirancang layaknya smartphone sehingga bisa terhubung ke internet dan dan memberikan informasi melalui perintah suara.

Virtual Reality

Film garapan tahun 1995 yang berjudul Johnny Mnemonic memberikan contoh virtual reality yang hampir nampak sama. Dapat dilihat salah satu karakter di film tersebut yang dimainkan oleh aktor Keany Reeves menggunakan suatu alat yang menyerupai perangkat virtual reality saat ini. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.

Hover Board

Kembali ke film Back to The Future II, di film ini Marty Mcfly memainkan skateboard yang bisa melayang di udara, yang dinamai hoverboards. Pada Oktober 2014, Hendo Hover diluncurkan sebagai awal mula kampanye pengumpulan dana untuk menciptakan hoverboard sungguhan. Bila sesuai rencana, orang yang berinvestasi $10.000 atau lebih ke proyek tersebut akan dapat memiliki Hendo Hoverboard. Namun, hoverboard’ yang ada saat ini. Emang nggak melayang dan masih pakai dua roda, jadi nggak bisa bener-bener dibilang hoverboard. Tapi lumayan mendekati dan yang pasti ini produk beneran yang udah dijual di pasaran. Tampilannya macam ini.

Mobil tanpa Supir

“Total Recall” (1990) menampilkan Taksi tanpa supir bernama Johnny Cabs’, dioperasikan oleh kecerdasan buatan. Fiksi tersebut menjadi kenyataan, Google mengumumkan telah menguji coba purnarupa mobil tanpa supir pada Januari 2015. Dan kini, mobil rakitan Google tersebut dinyatakan siap memasuki jalanan yang ramai di berbagai kota.

Smart Watch

Film adaptasi dari komik mengenai detektif polisi legendaris Dick Tracy mengejar bos gangster Big Boy Caprice dan kelompok mafianya. Dick Tracy punya gadget yang canggih. Jam tangannya tidak seperti jam tangan orang umumnya. Dick Tracy bisa melakukan panggilan telfon melalui jam di pergelangannya tersebut. Nah, teknologi tersebut kini telah menjadi kenyataan. Bahkan bisa melakukan lebih dari hanya sekedar menelfon. Smartwatch dapat menjalankan fungsi dasar layaknya smartphone. Dengan smartwatch seorang pengguna bisa memiliki akses ke berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email dan banyak lagi.

Nah, itu lah beberapa teknologi yang dulunya hanya ada di film, dan sekarang sudah dapat kita temukan dan gunakan di kehidupan nyata. Kita tidak akan tahu teknologi apalagi yang akan dibuat di masa yang akan datang.  Yang terpenting, jangan pernah berhenti untuk berimajinasi. Karena semua inovasi berawal dari imajinasi.

Sumber:

https://science.idntimes.com/discovery/putri-wahyudewi/8-film-hollywood-yang-menginspirasi-penemuan-teknologi-canggih

http://daihatsu.co.id/kokgituya/article/technology/inilah-teknologi-yang-berawal-dari-film-dan-berakhir-menjadi-kenyataan

https://kepoisme.com/teknologi-masa-depan-yang-dulu-hanya-ada-di-film-sekarang-sudah-menjadi-kenyataan/

7 Teknologi Dari Film Scifi Yang Menjadi Kenyataan

Author:

A piece of cheese. Piscess. 1997. Student. Calm and Limited.

22 thoughts on “Teknologi Kekinian yang Berawal dari Film Jadul

Leave a comment